Windows 2003

Merupakan sebuah lanjutan dari Windows 2000, yang merupakan sebuah sistem operasi Microsoft yang ditujukan untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. dulunya dikenal dengan NET Server atau Whistler Server.

 

 

Edisi

 

Windows server 2003 mengeluarkan beberapa produk yang berbeda, yakni :

 

  1. Windows Server 2003 Standar Edition
  2. Windows Server 2003 Enterprise Edition
  3. Windows Server 2003 Datacenter Edition
  4. Windows Server 2003 Web Editon
  5. Windows Small Business Server 2003
  6. Windows Storage Server 2003

 

 

Fitur

 

Setiap edisi Windows Server 2003 dilengkapi dengan fitur – fitur yang menarik dan berbeda di setiap edisi yang ada,sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Windows Server 2003 Standar Edition

Windows Server 2003 Standard Edition jelas ditujukan sebagai fondasi bagi platform jaringan berbasis Windows untuk lingkungan jaringan skala menengah ke bawah. Sesuai namanya edisi ini hanya dilengkapi oleh fitur – fitur standar.

 

  1. Windows Server 2003 Enterprise Edition

Memilikisemua fitur yang ditawarkan oleh Windows Server 2003 Standard Edition, ditambah dengan fitur-fitur yang meningkatakan keandalan dan skalabilitas layanan-layanannya. Windows Server 2003 Enterprise Edition ditujukan untuk menggantikan Windows 2000 Advanced Server dan Windows NT 4.0 Enterprise Server yang telah lama beredar.

 

  1. Windows Server 2003 Datacenter Edition

Sebuah edisi dari Windows Server 2003 yang berbeda dari dua versi lainnya yang telah disebutkan. Edisi ini tidak dapat diperoleh secara ritel, dan harus didapatkan sebagai bagian dari kombinasi antara perangkat keras server dari sebuah vendor, semacam Hewlett-Packard atau Dell.

 

  1. Windows Server 2003 Web Edition

Sebuah edisi dari Windows Server 2003 yang ditujukan khusus sebagai web server, yang menaungi beberapa aplikasi web, halaman web, dan layanan web berbasis XML. Windows Server 2003 Web Edition didesain sedemikian rupa, dengan menggunakan Internet Information Services (IIS) 6.0 sebagai infrastukturnya dan menggunakan teknologi ASP.NET untuk menangani layanan web berbasis XML dan aplikasi web lainnya.

 

  1. Windows Small Business Server 2003

Sering disebut sebagai Windows SBS, adalah sebuah edisi dari Windows Server 2003 yang ditujukan untuk pasar jaringan kecil. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan beberapa edisi lainnya.

 

  1. Windows Storage Server 2003

Sebuah edisi Windows Server 2003 yang didedikasikan untuk layanan berbagi berkas dan berbagi alat pencetak. Sama seperti halnya Windows Server 2003 Datacenter Edition, edisi ini juga tidak dapat diperoleh secara ritel. Umumnya, edisi ini dapat diperoleh melalui OEM dalam perangkat Network Attached Storage (NAS). Perbedaan dari sistem Windows Server lainnya yang menyediakan layanan berbagi berkas dan alat pencetak adalah bahwa Storage Server 2003 tidak membutuhkan Client Access License (CAL).

 

 

 

 

 

Zulfikar Nur Alizaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: